Jenis Ikan Molly : Jantan dan Betina

Sahabat Gilda, keberadaan aquarium di rumah kita selain bermanfaat dari sisi dekorasi rumah yang menambah estetika rumah kita, tetapi juga sebagai penghilang stress atau kepenatan setelah keseharian kita bekerja.

Banyak sekali pilihan ikan hias yang dapat menambah keindahan aquarium di rumah sahabat sekalian, salah satunya adalah ikan molly yang merupakan pilihan tepat bagi yang tak mau ribet.

Karena jenis ikan hias ini sangatlah mudah untuk dipelihara dan merupakan ikan hias yang hidup di air tawar tapi ada juga jenis yang toleran terhadap salinitas.

Selain mudah dalam pemeliharaan, ikan molly mempunyai khas warna yang bermacam-macam dan variasi jenis yang beraneka ragam serta mempunyai keindahan yang tidak kalah dengan jenis ikan hias lainnya.

Warna ikan molly yang begitu indahnya yang bervariasi tergantung jenis ikan molly masing-masing. Sahabat tinggal pilih saja, ada bintik-bintik, merah, hitam dan lain sebagainya. Karena ukurannya yang kecil sehingga aman untuk dipelihara di aquarium mini bersama jenis ikan kecil lainnya.

Iya Benar, ukuran ikan hias ini yang memiliki nama ilmiah Poecilia sp. memiliki ukuran yang kecil maksimal ukuranya 12 cm. Namun berbeda dengan jenis ikan hias lain walaupun ukuran kecil, ikan molly memiliki keunikan yang khas yaitu bentuk fisik yang berbeda namun menarik untuk dipandang.

Selain kelebihan itu, karena ikan molly termasuk jenis omnivora sehingga lebih mudah dalam pemeliharaan baik dalam hal pemberian pakan maupun perkembangbiakan.

Pemberian pakan sangatlah mudah untuk dicari dan banyak pilihan mulai dari jenis pakan alami (cacing rambut, lumut dan tumbuhan air lainnya) dan pakan buatan yaitu pelet yang dapat kita beli dari toko pakan ikan terdekat.

Ukuran tubuh antara jantan dan betina sangat berbeda, sehingga mudah untuk dibedakan. Bentuk tubuh yang kecil dan ramping biasanya untuk ikan molly jenis yang jantang, karena yang betina ukurannya lebih besar dan gemuk.

Sahabat Gilda, jika ingin memelihara ikan hias jenis molly ini, sahabat tidak perlu repot-repot membuat akuarium yang berukuran besar cukup siapkan saja akuarium dengan ukuran 40 x 40 cm saja.

Sahabat Gilda, sebelum anda memutuskan untuk memelihara ikan hias jenis molly ini alangkah baiknya untuk mengetahui jenis ikan molly. Sehingga ikan molly yang kita pelihara sesuai dengan selera.

Macam-macam Ikan Molly

Secara umum ikan hias jenis molly terbagi menjadi tiga macam kelompok antara lain Shortfin molly, Molly hibryds dan Sailfin molly. Ketiga kelompok tersebut mempunyai ciri khas dan jenis yang berbeda-beda.

Shortfin Molly

Shortfin Molly-Poecilia mexicana
Shortfin Molly-Poecilia mexicana

Ikan molly kelompok ini mempunyai sirip yang bersinar dan mempunyai banyak warna. Dapat hidup di perairan tawar  dan mempunyai toleransi terhadap salinitas (air payau) dengan kisaran pH 7,0 – 7,5 dan suhu 22 – 28 derajat celsius juga bersifat non migrasi.

Ikan molly kelompok ini mempunyai ukuran antara 4 – 11 cm. Beberapa spesies ikan molly yang termasuk dalam kelompok ini adalah Poecilia mexicana,  Poecilia salvatoris, Poecilia latipunctata dan Poecilia sphenops dan lain sebagainya.

Molly Hibryds

Molly Hibryds
Molly Hibryds

Sesuai dengan nama kelompoknya, molly hibryds dihasilkan dari perkawinan antara ikan molly yang mempunyai ciri khas yang unik dan menarik. Karena ikan hias jenis molly ini merupakan jenis yang mudah dipelihara dan dikembangbiakkan, sehingga sampai sekarang sudah banyak jenis baru yang telah berhasil dikembangkan.

Sailfin Molly

Sailfin Molly-Poecilia latipinna
Sailfin Molly-Poecilia latipinna

Ikan molly kelompok ini mempunyai habitat di perairan tawar dan mempunyai toleransi terhadap salinitas ( periaran payau), habitat asalnya adalah pesisir dari bagian Carolina utara sampai Texas  serta semenanjung yucatan di negara Mexico.

Ikan molly kelompok ini sering ditemukan di permukaan perairan dangkal, tepi rawa-rawa, tepi sungai, muara atau di genangan air seperti parit. Ikan molly kelompok sailfin molly sering ditemukan di perairan dangkal atau di bawah vegetasi terapung untuk menghindari predator yang mengancam kehidupan mereka.

Sailfin molly termasuk jenis yang paling toleran dalam kekurangan oksigen maupun salinitas. Ikan molly kelompok ini mampu bertahan hidup dalam perairan dengan oksigen yang minim, dengan mengeksploitasi oksigen pada permukaan air dengan mulutnya dalam posisi tubuh terbalik.

Pada perairan euryhaline, ikan molly kelompok ini dengan sirip lebar sering ditemukan di perairan dengan kadar garam tinggi, bahkan toleransi terhadap salinitas ikan ini bisa mencapai 87 ppt dan dapat hidup serta berkembang biak di perairan payau.

Ikan molly kelompok ini umumnya mempunyai warna abu abu muda, walaupun yang jantan ada yang berwarna biru kehijauan. Pada tubuhnya terdapat barisan bintik-bintik pada sepanjang punggung, sisi dan sirip punggung.

Dan barisan bintik-bintik tersebut sering berbaur menjadi garis-garis. Banyak variasi warna pada ikan molly kelompok ini yang terjadi di alam mulai dari bentuk albino, melanistic, speckled, dan leucistic.

Umur ikan mollly kelompok sailfin pendek belum sampai setahun ikan ini sudah mengalami kematangan seksual dan bisa bereproduksi. Ukuran ikan ini kecil, tergantung tingkat kepadatan populasi. Tercatat ukuran maksimumnya mencapai 150 mm.

Ada tiga jenis yang termasuk dalam kelompok ini adalah Poecilia latipinna, Poecilia petenensis, dan Poecilia velifera.

Perbedaan Molly Jantan dan Betina

Perbedaan Molly Jantan dan Betina
Perbedaan Molly Jantan dan Betina

Sahabat Gilda, setelah mengetahui macam-macam kelompok ikan molly, selanjutnya akan kita bahas tentang perbedaan molly jantan dan betina. Ini harus kita ketahui karena jika kita ingin memlihara ikan molly dalam sebuah akuarium maka harus sepasang dan perbandingan antara jantan dan betina haruslah sama.

Perbedaan ikan jenis molly antara jantan dan betina adalah sebagai berikut :

Ciri Molly Jantan

Ukuran kepala lebih kecil dibandingkan betina, bentuk perut jantan lebih buntal, terdapat sirip yang kecil panjang di bawah belakang perut, sirip atas lebih lebar dan besar, ukuran tubuh lebih panjang.

Ciri Molly Betina

Ukuran kepala agak besar, ukuran tubuh lebih pendek, sirip atas lebih kecil tapi lebar, terdapat sirip yang lebar serta pendek di bawah belakang perut, dan perut agak buntal

Sahabat Gilda, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Jenis Ikan Molly Perbedaan Jantan dan Betina. Semoga bermanfaat.

Baca juga :