Jenis Ikan Cupang

Sahabat Gilda sekalian, selamat datang kami ucapkan semoga informasi yang kami berikan pada blog ini bermanfaat. Pada kesempatan ini, kami ingin berbagi informasi tentang Jenis-Jenis Ikan Cupang.

Ikan cupang sangat digemari oleh masyarakat khususnya indonesia, sebagai ikan peliharaan ataupun sebagai ikan aduan. Ikan cupang mempunyai habitat di air tawar yang yang tersebar di beberapa negara  asia tenggara yaitu : Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam dan Singapura.

Ikan Cupang tergolong agresif dalam mempertahankan wilayahnya sehingga cocok sebagai ikan aduan, selain itu ikan cupang mempunyai karakter atau bentuk yang unik dan khas yang menarik untuk dijadikan ikan peliharaan.

Ikan cupang  yang mempunyai nama ilmiah Betta khususnya jenis petarung siam bisa berumur antara 3 sampai dengan 5 tahun dengan panjang 7 cm dan masa produksi telur maksimal 10 sampai 40. Ikan ini biasa hidup di danau atau rawa, dan juga di air tawar yang menggenang

Klasifikasi Ilmiah

Untuk tujuan konservasi dan juga kemudahan budidaya dan penyilangan/breeding, maka dilakukanlah pengelompokan ikan cupang. Pengelompokan ikan cupang yang ada di alam telah dilakukan sejak lama, dan menurut FishBase telah ditemukan 73 spesies.

Ikan cupang termasuk dalam famili Osphronemidae dan genus Betta, dan dikenal sebagai spesies dengan nama  Betta sp. Pengelompokan spesies-spesies tesebut didasarkan pada kompleks-kompleks.

Sampai saat ini Splendens complex adalah komplex Ikan cupang yang terpopuler. Biasanya penyilangan dilakukan dalam satu kompleks, artinya spesies-spesies pada satu kompleks dipersilangkan untuk memperoleh spesies baru.

Ada lima spesies yang termasuk Splendens Complex antara lain :

  1. Betta stiktos
  2. Betta mahachai
  3. Betta smaragdina
  4. Betta imbellis
  5. Betta splendens

Ikan cupang yang sering kita jumpai di pasaran adalah spesies Betta splendens atau sering disebut Siamese Fighting-Fish (Ikan Petarung Siam). Jenis ikan-ikan cupang yang banyak diminati merupakan hasil persilangan dari spesies Betta splendens karena hasil penyilangannya mempunytai karakteristik yang menarik dan khas.

Penggemar ikan cupang cukup pesat di indonesia dan sering menggelar acara, termasuk acara kontes ikan cupang baik hias maupun aduan. Dari acara tersebut, banyak muncul jenis-jenis ikan cupang di seluruh wilayah indonesia.

Jenis-Jenis Ikan Cupang

Lebih lanjut, jenis-jenis ikan cupang sebagai berikut :

Halfmoon

halfmoon
halfmoon

Penyebutan setengah bulan (Halfmooon) pada jenis ikan ini dapat kita lihat dari samping yang mana ikan jenis ini memang mempunyai ekor yang berbentuk setengah lingkaran.

Karakteristik inilah yang membuat ikan cupang jenis ini terlihat indah dan menarik yang sangat cocok dipelihara sebagai ikan hias.

Apalagi warna tubuh yang merah menyala, ada juga yang kuning menyala dan warna lain yang khas, membuat daya tarik tersendiri untuk dipelihara menjadi ikan hias  

Crown Tail

CrownTail
CrownTail

Ikan cupang ini merupakan asli berasal dari indonesia, mengapa demikiana?. Karena ikan ini dikembangbiakkan oleh breeder-breeder indonesia di daerah jakarta tepatnya di daerah slipi.

Mengapa nama ikan tersebut Crown Tail atau serit?, karena ekor pada ikan ini menyerupai mahkota. ini sangat terlihat saat kita membalik ekor dan menghadapkannya ke arah atas, sehingga terlihat sekali bentuk ekor yang menyerupai mahkota.

Ikan cupang jenis ini banyak sekali dan yang membedakan antara satu dengan yang lainnya adalah jumlah seritnya. Ada yang hanya punya serit tunggal dan ada yang punya serit ganda.  

Ikan cupang Crown Tail sudah diakui oleh dunia dan sudah ikut beberapa pertandingan ikan cupang internasioanl.

Plakat

Plakat
Plakat

Ikan cupang jenis ini banyak kita temukan di daerah asalnya yaitu Thailand, sesuai dengan namanya plakat yang berarti “petarung” sangat cocok dijadikan ikan aduan. Bahkan ikan ini sering di juluki ikan yang “kekar sangar”. Pengambilan nama plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand.

Julukan ikan “kekar”  sangat cocok disematkan pada ikan ini, karena sirip dan ekor ikan ini pendek tidak menjumbai seperti yang dapat kita lihat pada jenis Crown Tail juga Halfmoon. Julukan “sangar” karena memang gerakan ikan ini tidak terlihat indah/anggun, bahkan lebih terkesan lebih sangar.

Double Tail

DoubleTail
DoubleTail

Ikan cupang jenis ini mempunyai karakter khas yaitu mempunyai ekor yang terbelah dua, sehingga disebut Double Tail atau Cagak.

Ikan cupang jenis Double Tail sangat sulit dijumpai. Sehingga mempunyai nilai jual yang cukup mahal dan memang ikan cupang jenis ini sangat indah dan cantik.

Giant

Giant
Giant

Ikan cupang jenis ini mempunyai ukuran yang lebih besar dari pada ikan cupang yang lain, sehingga di sebut Giant atau raksasa. Bahkan ukuran terbesarnya bisa mencapai 12 cm. Ikan cupang ini berhasil dikembangkan oleh breeder yang berasal dari Thailand.

Pengembangan ikan cupang jenis ini dilakukan dengan menyilangkan ikan cupang jenis plakat dengan jenis lainnya. Dari hasil penyilangan tersebut, dihasilkan banyak ikan cupang jenis giant, salah satunya Halfmoon Giant.

Di Indonesia sendiri, telah banyak dilakukan usaha-usaha dalam rangka mengembangkan ikan cupang dengan cara penyilangan. Pembenihan-pembenihan sudah banyak digalakkan, harapannya akan menghasilkan jenis-jenis ikan cupang baru yang tidak kalah menariknya dengan ikan cupang yang berasal dari negara-negara lain.

Demikian sahabat Gilda sekalian, sedikit informasi tentang jenis-jenis ikan cupang yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment